Monday, October 1, 2012

David Brainerd dan Suku Indian


"Dan orang yang Kupilih, tongkat orang itulah akan bertunas" Bilangan 1:5

Allah melakukan keajaiban untuk menunjukkan pada bangsa Isreal bahwa Harun dan keluarganya dipilih di antara suku-suku Lewi untuk tugas keimaman dan tak diragukan lagi. tongkat Harun bukanlah hanya bertunas tetapi juga berbuah almond. Pada waktu Allah memanggil kalian untuk tanggung jawab yang lebih tinggi Dia akan membuatnya sangat sederhana, dan bahkan jika Dia harus melakukan keajaiban, semua akan tahu Dia telah memilihmu.

Sekitar pertengahan abad kedelapan belas, David Brainerd mendengar tentang sebuah suku Indian yang terbelakang yang tinggal di hutan New Jersey. Dia merasa dipanggil Allah untuk pergi dan mengkhotbahkan tentang Kristus pada mereka. Lebih sering dia mendoakan hal itu, lebih terbeban dia jadinya, dan merasa yakin Tuhan sedang memanggil dia, dia membuat rencana-rencananya dan mengadakan perjalanan melalui hutan belantara sampai dia menemukan dirinya sampai di dekat desa mereka.

Di sini dia berkemah sementara untuk beristirahat. dan untuk berdoa agar malaikat menyertai dia dalam pekerjaan yang berbahaya ini. Pada waktu dia pada akhirnya mendekati tenda yang terbuat dari kulit binatang, dia terkejut karena menemukan seluruh desa keluar untuk menemui dia, seolah-olah dia adalah teman yang telah lama dicari-cari. Dia berharap menemukan musuh yang tidak ramah, tetapi dipimpin oleh kepala suku mereka menyambut dia dan menghormati dia seolah-olah dia seorang nabi.

Dia tinggal bersama mereka dan berkhotbah. dan mendirikan gereja Kristen dengan 70 atau 80 anggota. Bertahun-tahun kemudian dia mengetahui rahasia sikap persahabatan yang mereka berikan di awal pertemuan. Pengintai-pengintai mereka menemukan dia saat perjalanan dia menuju desa mereka dan memutuskan untuk membunuh dia pada waktu dia beristirahat di tendanya. Melihat di antara celah-celah kanvas. mereka menemukan dia sedang berlutut berdoa. Dan saat mereka melihat, mereka melihat seekor ular derik melingkari kakinya, berhenti sejenak di samping dia, dan kemudian meluncur keluar dari tenda pada arah yang berlawanan.

Pengintai-pengintai itu kembali cepat-cepat ke desa mereka dan menceritakan dengan kegembiraan yang besar bahwa seorang di bawah perlindungan Roh yang Hebat sedang mendatangi mereka. Bahkan orang-orang Indian yang biadab pun tahu bahwa tongkat Brainerd bertunas.

Tetaplah dekat dengan Allah. Tak perlu ragu-ragu. Allah dapat membuat tongkatmu bertunas dan menghasilkan buah almond juga.

“Dunia ini penuh dengan roh iri hati, mencari posisi yang lebih tinggi dan upah yang lebih besar. Roh penyangkaian diri dan pengorbanan diri yang kuno terlalu jarang kita temui. Tetapi inilah satu-satunya roh yang dapat menggerakkan seorang pengikut Yesus yang benar." MYP (Amanat Kepada Orang Muda), p.303

0 comments:

Post a Comment