Friday, September 26, 2014

Pertolongan di Saat Gelap


Pukul setengah dua belas malam, seorang wanita negro rapi yang sudah berumur sedang berdiri di tepi jalan tol Alabama. Ia nampak mencoba bertahan dalam hujan yang sangat deras yang hampir seperti badai. Mobilnya sedang rusak dan dia ingin menumpang mobil yang lewat.

Dalam keadaan basah kuyup, ia mencoba menghentikan setiap mobil yang lewat. Mobil berikutnya dikendarai oleh seorang pemuda bule, dia berhenti untuk menolong ibu ini. Kelihatannya si pemuda bule ini tidak paham akan konflik etnis yang terjadi saat itu di tahun 1960-an.

Pemuda bule ini akhirnya membawa si ibu negro dengan selamat hingga ke suatu tempat untuk mendapatkan pertolongan, lalu mencarikan taksi untuk ibu ini. Walaupun terlihat sangat tergesa-gesa, si ibu sempat bertanya tentang alamat pemuda itu. Si pemuda lalu menuliskan alamatnya, dan ibu negro itu segera pergi sambil mengucapkan terima kasih pada si pemuda.

7 hari berlalu dan tiba-tiba pintu rumah pemuda bule ini diketuk seseorang. Kejutan baginya, karena yang datang ternyata kiriman sebuah TV set besar berwarna (barang yang mewah di tahun 1960-an) khusus dikirim ke rumahnya. Sebuah surat kecil tertempel di TV tersebut, yang isinya adalah:


"Terima kasih nak, karena membantuku di jalan tol pada malam itu. Hujan tidak hanya membasahi bajuku, tetapi juga jiwaku. Untung saja anda datang dan menolong saya. Karena pertolongan anda, saya masih sempat untuk hadir di sisi suamiku yang sedang sekarat... hingga wafatnya. Tuhan memberkati anda, karena membantu saya dan tidak mementingkan dirimu pada saat itu."

Tertanda, Ny. Nat King Cole.

(Catatan: Nat King Cole adalah penyanyi negro yang terkenal di USA pada tahun 1960-an)

0 comments:

Post a Comment