Monday, May 28, 2012

Kecantikan Sejati

"Kemolekan adalah bohong dan kecantikan adalah sia-sia, tetapi istri yang takut akan Tuhan di puji-puji."  Amsal 31 : 30

Ratu Ester adalah gadis yang paling cantik di seluruh negeri, tetapi kecantikannya bukan hanya setebal kulit. Ester juga takut akan Allah, dan itulah sebabnya mengapa ia "dapat menimbulkan kasih sayang pada semua orang yang melihatnya". 

Ada sebuah legenda, tidak diketahui berasal dari mana, tetapi merupakan ilustrasi yang bagus untuk kita renungkan. 

Pada jaman dahulu kala, hiduplah tiga orang gadis yang selalu berselisih dalam menentukan siapakah diantara mereka yang memiliki tangan yang paling cantik. 

Gadis yang pertama mencelupkan tangannya ke dalam sebuah sungai yang airnya jernih dan berkilauan dan berkata, "Lihat, betapa cantik dan putihnya tanganku. Tangankulah yang paling cantik!" 

Gadis yang kedua memetik banyak buah berry sehingga tangannya menjadi merah muda seolah-olah telah dilukis oleh seorang pelukis. Dan ia berkata, "Lihat, betapa merah mudanya tanganku. Tangankulah yang paling cantik!"

Gadis yang ketiga berjalan di antara taman bunga dan memetik bunga-bunga mawar sehingga tangannya berbau harum seperti parfum. "Lihatlah, betapa harumnya tanganku. Jadi, tangankulah yang paling cantik!"

Ada seorang gadis lagi yang bersama-sama dengan mereka, tetapi gadis ini tidak pernah berselisih dengan mereka karena dia pikir bahwa tangannya tidak cantik sama sekali. 

Suatu hari datang seorang nenek tua yang keriput menghampiri mereka. Ia berpenampilan seperti seorang pengemis. Dan ia minta makan kepada gadis-gadis ini. Ketiga gadis yang selalu berselisih tentang tangan yang paling cantik diantara mereka, segera menyembunyikan tangan mereka di belakang punggung masing-masing dan mengatakan bahwa mereka tidak punya apa-apa. Tetapi gadis yang ke-4 mengambilkan kursi untuk nenek ini dan berlari ke dalam rumah mengambil roti dan susu untuk diberikan kepada nenek tua ini. 

Suatu hal ajaib terjadi; nenek tua ini tersenyum dan berubah menjadi seorang malaikat! Malaikat itu berkata kepada tiga gadis tadi, "Tangan yang cantik bukanlah tangan yang dicelupkan ke sungai yang jernih atau tangan yang dihias dengan warna buah berry atau tangan yang berbau harum; tetapi tangan yang yang suka memberi kepada orang yang miskin". 

Cerita ini mungkin hanya sebuah legenda, tetapi apa yang dikatakan malaikat itu benar. Dan itulah rahasia kecantikan ratu Ester. Hatinya dipenuhi dengan kelembutan, kebaikan & kasih. Maukah engkau menjadi gadis yang cantik? Kecantikan yang sejati? Berusahalah untuk mengisi hatimu dengan kelembutan, kebaikan dan kasih untuk Allah dan sesamamu manusia, dan lihatlah apa yang akan terjadi!

0 comments:

Post a Comment