Wednesday, July 4, 2012

10 Penemuan Benda Sederhana Yang Sangat Berguna

Manusia membutuhkan begitu banyak peralatan untuk memudahkan hidup dan aktivitas kesehariannya.  Saking terbiasanya, kebanyakan orang tidak menyadari bahwa dibalik kesederhanaan bentuk atau desain peralatan yang mereka gunakan, terdapat kisah dan sejarah tentang orang-orang hebat yang menemukannya.  Berikut adalah 20 penemuan sederhana yang sangat berguna:


1. Jarum Jahit (Sewing Needle)

Jarum jahit telah digunakan selama ribuan tahun.  Penggalian yang dilakukan di kepulauan Oland, di Alby, Swedia mengungkapkan bahwa jarum yang terbuat dari tulang telah digunakan sejak 6000 tahun SM.  Bahkan jarum yang terbuat dari gading juga telah ditemukan di Kostenki, Rusia yang telah berusia 30,000 tahun.


2. Sisir (Comb)

Sisir adalah salah satu alat tertua yang pernah ditemukan oleh para arkeolog yaitu sekitar 5000 tahun lalu di Persia.


3. Peniti (Safety Pin)

Peniti awal mulanya berasal dari Mycenaeans sejak abad ke-14 sebelum masehi, dikenal dengan nama fibulae.  Peniti diciptakan kembali pada tahun 1849 oleh Walter Hunt, seorang penemu asal Amerika.



4. Karet Gelang (Rubber Band)

Karet Gelang dipatenkan di London pada tanggal 17 Mei 1845 oleh seorang penemu dan pengusaha karet vulkanisir berkebangsaan Inggris bernama Stephen Perry.


5. Ritsleting (Zipper)

Pada tahun 1851, Elias Howe menerima hak paten untuk alat bernama “Automatic, Continuous Clothing Closure” yang merupakan cikal bakal ritsleting modern.  42 tahun kemudian yaitu pada tahun 1893, Whitcomb Judson mulai memasarkan alat serupa bernama “Clasp Locker”.  Pada tahun 1913, Gideon Sundback yang merupakan seorang karyawan pada perusahaan Universal Fastener Company di Hoboken, New Jersey, Amerika Serikat telah berhasil mendesain ritsleting modern.


6. Penjepit Pakaian (Clothes Peg)

Penjepit pakaian yang terbuat dari sepotong kayu diciptakan oleh Victor Jeremie Opdebec.  Penjepit pakaian yang menggunakan per, seperti yang digunakaan saat ini, diciptakan pada tahun 1853 oleh David M. Smith yang berasal dari Springfield, Vermont, Amerika Serikat.


7. Pembuka Kaleng (Can Opener)

Makanan kaleng telah ada sejak tahun 1772 di Belanda, namun alat pembuka kaleng baru dipatenkan di Inggris pada tahun 1855.  Di Amerika Serikat pembuka kaleng pertama kali dipatenkan oleh Ezra Warner dari Waterbury, Connecticut, pada tahun 1858 namun bentuknya masih belum praktis.  Pembuka kaleng modern, yang telah dilengkapi dengan roda pemotong yang berputar, ditemukan di Amerika Serikat pada tahun 1870 oleh William Lyman.


8. Stapler dan Staples

Stapler tertua yang diketahui adalah buatan tangan di abad ke-18 untuk Raja Perancis, Louis XV.  Pada tahun 1866, George McGill yang berkebangsaan Amerika menerima patent atas penemuannya yang merupakan cikal baral stapler modern, kemudian pada tanggal 18 Februari 1879, George McGill kembali menerima patent untuk penemuannya yaitu McGill Single-Stroke Staple Press, yang merupakan stapler pertama yang sukses secara komersial.


9. Pemotong Kuku (Nail Cutter/Clipper)

Tidak diketahui jelas siapa penemu pemotong kuku namun hak paten untuk alat ini pertama kali dikeluarkan di Amerika Serikat pada tahun 1875 dan diberikan kepada Valentine Fogerty.


10. Penjepit Rambut (Bobby Pin)

Penjepit Rambut ditemukan pada tahun 1922.  Selama beberapa dekade merek dagang “Bobby Pin” dipegang oleh Bob Lepine Corporation Buffalo, New York, Amerika Serikat.

0 comments:

Post a Comment